Lamer | Jakarta – Satu demi satu, pejabat publik Indonesia kena corona. Setelah Menteri Perhubungan, Walikota Bogor, Wakil Walikota Bandung, terbaru Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, dinyatakan positif corona.

Hasil itu didapatkan usai bupati melakukan tes mandiri dengan pemeriksaan swab.

Informasi terkait hasil pemeriksaan Cellica disampaikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Selasa (24/3/2020).

“Ada satu lagi hasilnya positif yaitu Bupati Karawang, Ibu Cellica. Ibu Cellica tadi sudah memberikan informasi. Jadi di Jawa Barat sudah ada tiga positif yaitu Walikota Bogor, Wakil Walikota Bandung dan Bupati Karawang,” kata Emil.

Emil menyebutkan ketiga kepala daerah tersebut melakukan tes proaktif yang dilaksanakan Pemprov Jabar.

Lokasi tes berada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar.

“Ini semua adalah hasil tes mandiri. Jadi kami betul-betul akan mengambil keputusan yang benar yang hasilnya bisa dicek di laboratorium,” katanya.

Cellica telah mengisolasi diri dan melakukan tes Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar setelah sempat berinteraksi dengan Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana dalam acara Musyawarah (Musda) HIPMI Jawa Barat di Karawang, 9 Maret 2020 lalu.

Ambil Pelajaran Kasus Ini

Jadi, karena Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana pernah berinteraksi dengan Bupati Karawang, Cellica, maka Cellica berinisiatif melakukan tes Covid 19 secara mandiri. Hasilnya: positif.

Jika dianalisis, maka tenggang waktu antara pertemuan (berinteraksi) mereka dengan hasil tes Cellica ada selisih 15 hari. Artinya, seseorang diketahui tertular virus corona, sangat lamban.

Emil lebih jauh mengatakan, ada sekitar tujuh orang terpapar positif usai menghadiri acara HIPMI Jabar. Termasuk Bupati Karawang yang saat itu ikut menghadiri acara tersebut.

“Sehingga saya mengimbau yang menghadiri acara Musda Hipmi agar segera melapor ke Dinkes kota/kabupaten masing-masing untuk dilakukan tes rapid tes yang mulai siap besok,” ujar Emil.

Dari peristiwa ini, dapat ditarik pelajaran oleh publik, bahwa sebaiknya jangan keluar rumah, jika tidak benar-benar sangat mendesak. Penularan Covid 19 sangat gampang dan cepat.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga mengonfirmasi jika dirinya positif Covid-19.

Yana menyatakan telah mengisolasi diri yang disampaikan melalui akun media sosial Instagramnya, Senin (24/3).

Adapun Bupati Cellica menjadi kepala daerah ketiga di Jawa Barat yang terpapar Covid-19 setelah sebelumnya Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana diumumkan positif virus tersebut. (*)