Foto: Istimewa
Salah satu upaya meramaikan GressMall dengan acara offair namun tetap prokes.

 

Gresik l lampumerah.id – Mengawali tahun 2022, manajemen mal dan hotel di Gresik Jawa Timur mulai menyiapkan strategi bisnis baru agar tetap bertahan.

Apalagi saat ini kasus Covid-19 di tanah air kembali naik, sehingga dibutuhkan penanganan khusus agar bisnis mall dan hotel tidak gulung tikar.

Owner PT Dharma Graha Utama (DGU), yang menaungi Aston Inn Hotel dan GressMall keduanya di Gresik, Bambang Haryo Sukartono mengatakan, selama 2021 bisnis bidang properti baik hotel maupun pusat perbelanjaan terpuruk.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh grup usahanya adalah mengembangkan potensi bisnis lain. Misalnya perkebunan kelapa sawit yang saat ini harga jualnya tengah bagus

“Sektor perhotelan dan mal kemarin terpuruk karena pandemi, grup usaha kami juga mengembangkan usaha lain yang nantinya untuk subsidi silang bisa hotel dan properti yang tengah terpuruk,” ujar Bambang usai rapat kerja
DGU dengan manajemen Aston Inn dan GressMall.

Diakui Bambang, dengan keputusan pemerintah menaikkan ke level 2 akibat virus Omicron, pihaknya berharap ada kajian soal virus ini membahayakan atau tidak.

“Kami setuju pembatasan, asal ada edukasi pada masyarakat soal efek omicron. Agar masyarakat tidak terlalu kuatir terutama bila ke mall atau hotel, asalkan tetap menjalankan prokes,” tegas Bambang.

Selain itu, Bambang berharap pemerintah juga memikirkan dampak akibat ada Pandemi. Terutama yang sudah terjadi tahun 2021, namun efeknya masih dirasakan manajemen hingga sekarang.

“Bagi manajemen, efek utamanya adalah hutang bank yang belum terselesaikan. Ini termasuk evaluasi prioritas rapat kerja tadi. Kita juga berharap adanya insentif listrik dari pemerintah, agar kami tetap bisa menjalankan bisnis mall dan hotel,” harap Bambang.

GM Aston Inn Gresik, S Paminta Nugraha menyatakan optimis tahun 2022 bakal lebih baik.

“Evaluasi dan raker ini diharapkan dapat memberikan insight baru bagi kami. Dan siap melangkah, khususnya penyusunan strategi untuk menghadapi gejolak bisnis tahun ini,” terangnya.

GM Gressmall Gresik, Erich Pramono Bangun mengungkapkan di era 4.0 pusat perbelanjaan yang dikelolanya tak boleh tertinggal di segala aspek.

Untuk itu ujar Erich, pihaknya bakal memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam mendapatkan informasi dan pelayanan yang baik.

“Melalui raker ini ada pendetailan program kerja di Gresmall berjalan baik agar bersama dapat membangun kompetensi yang lebih baik,” imbuhnya. (san)

Foto: Istimewa
Salah satu upaya meramaikan GressMall dengan acara offair namun tetap prokes.