Surabaya l Lampumerah.id – Pelayanan publik yang ramah dan humanis terus ditunjukkan petugas Lalu Lintas di Kantor Samsat Surabaya Utara. Setiap hari, para petugas, termasuk polisi wanita (polwan), menyapa masyarakat atau wajib pajak dengan senyum dan salam hangat dalam program “Polantas Menyapa.”
Pantauan di lapangan menunjukkan, sejumlah polwan aktif memberikan informasi dan panduan kepada wajib pajak, khususnya di area pemeriksaan fisik kendaraan. Program yang dijalankan secara rutin ini menjadi wujud nyata komitmen kepolisian dalam menghadirkan pelayanan publik yang bersahabat.
Program “Polantas Menyapa” merupakan inovasi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur untuk memperkuat kedekatan antara polisi dan masyarakat. Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si., menegaskan bahwa fungsi lalu lintas adalah yang paling sering bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga sikap humanis menjadi keharusan dalam setiap pelayanan.
“Kami terus meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan agar masyarakat merasa nyaman saat mengurus pajak kendaraan. Harapannya, kesadaran masyarakat untuk taat pajak juga semakin tinggi,” ujar Paur Samsat Surabaya Utara.
Melalui pendekatan humanis ini, Kantor Samsat Surabaya Utara berupaya menciptakan suasana pelayanan yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga penuh empati, sehingga kehadiran polisi semakin dekat dan dipercaya masyarakat.(vin)


