Surabaya/Lampu merah.id- PT Pos melakukan terobosan dengan melakukan kerjasama dengan PT ASABRI. Tujuannya memperkuat sinergi sekaligus meningkatkan kualitas layanan pembayaran pensiun ASABRI.
Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi hadir bersama Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris, EVP Goverment and Corporate Business Pos Indonesia Hendra Sari, dan jajaran lainnya. Adapun perwakilan dari ASABRI, yakni Direktur Hubungan Kelembagaan ASABRI Khaidir Abdurrahman.
Direktur Hubungan Kelembagaan ASABRI Khaidir Abdurrahman menyambut baik penyelenggaraan rakor bersama Pos Indonesia. Ia menilai rakor tersebut merupakan wujud nyata dari kolaborasi keduanya untuk terus berkomitmen menjalankan amanah pemerintah dalam melaksanakan pembayaran pensiun ASABRI.
“Bentuk dari kolaborasi dituangkan dalam perjanjian kerja sama tentang pembayaraan manfaat asuransi sosial dan pengelolaan data penerima fasilitas kredit kepada peserta ASABRI,” ujar Khaidir, Sabtu (10/8/2024).
Pos Indonesia dan ASABRI mengikatkan kerja sama mereka lebih kuat lagi dengan perjanjian kerja sama (PKS). Adanya PKS yang diteken semakin menguatkan sinergi dan kolaborasi berikut mekanisme kerja dan koridor kerja yang jelas antara kedua pihak. “Maksud dari perjanjian tersebut adalah untuk memberikan pedoman bagi para pihak dalam melaksanakan hak dan kewajiban yang telah disepakati. Lalu, perjanjian ini bertujuan untuk terselenggaranya pelayanan dalam rangka pembayaran dan pertanggungjawaban manfaat asuransi sosial sesuai dengan standar pelayanan ASABRI, yaitu 5T (Tepat Waktu, Tepat Alamat, Tepat Orang, Tepat Jumlah, dan Tertib Administrasi),” lanjutnya.
Salah satunya, penyediaan aplikasi ASABRI Star yang dapat membantu proses pembayaran berjalan dengan baik. “ASABRI dalam hal ini sudah menyediakan aplikasi pendukung, yaitu ASABRI Star yang sudah memanfaatkan teknologi biometrik sebagai proses verifikasi dan validasi untuk memastikan penerima pensiun masih hidup dan berhak atas pembayaran pensiun berdasarkan data perekaman wajah,” papar Khaidir.
Sebagai mitra dari ASABRI, Pos Indonesia mendukung proses verifikasi tersebut. BUMN yang dikenal dengan brand Pos IND itu membantu melakukan perekaman wajah kepada peserta pensiun ASABRI. “Untuk itu, dibutuhkan sebuah kerja sama yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat memberikan layanan yang optimal kepada ASABRI,” tuturnya.
Direkrut Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris, berdasarkan kinerja PosIND dalam pelayanan pembayaran pensiun ASABRI per Juli 2024. Salah satunya, layanan antar Pensiun. Dalam layanan ini, PosIND sudah merealisasikan layanan ini kepada 4.204 penerima manfaat yang dilaksanakan oleh 125 KCU dan KC. Dalam pemutakhiran data NIK dan NPWP juga terbilang memuaskan. Sejauh ini, pemutakhiran data tersebut sudah dilakukan sebanyak 105.947 alias sudah mencapai 79 persen.
Kemudian, Haris juga memaparkan terkait populasi pensiun per Juli 2024. Ia menyampaikan bahwa pensiunan yang usia diatas 65 tahun sangat tinggi sebanyak 102.921 atau 77 persen, sehingga perlu adanya penambahan populasi pensiun baru untuk mengimbangi dengan rentang usia yang di bawah 65 tahun.
Kami ingin menekankan betapa pentingnya koordinasi dan komunikasi yang efektif antara kita semua. Sinergi yang baik antara Pos Indonesia dan ASABRI akan memfasilitasi pencapaian tujuan strategis dan operasional kita, serta meningkatkan kinerja layanan yang kita berikan,” pungkas Haris.nt
Tag: