SURABAYA l Lampumerah.id – Inovasi pelayanan publik terus digalakkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur. Salah satu wujud nyata terlihat di Kantor Samsat Surabaya Utara, yang kini tampil lebih ramah, humanis, dan nyaman bagi masyarakat wajib pajak (WP)

Langkah ini sejalan dengan program “Polantas Menyapa Masyarakat” yang diinisiasi Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si. Program tersebut menekankan pentingnya peran polisi lalu lintas sebagai garda terdepan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Polantas harus hadir bukan hanya untuk menertibkan, tapi juga menyapa, membantu, dan membuat masyarakat merasa nyaman saat mengurus administrasi,” ujar Kombes Iwan Saktiadi dalam arahannya.

Pantauan di lokasi, Sabtu (25/10/2025), anggota Polantas di Samsat Surabaya Utara tampak aktif menyapa dan membantu warga yang sedang mengurus berbagai keperluan, mulai dari perpanjangan pajak kendaraan bermotor, ganti pelat nomor, hingga mutasi.

Menariknya, kantor Samsat yang berlokasi di kawasan Kenjeran ini juga menghadirkan fasilitas ruang bermain anak, agar masyarakat yang datang bersama keluarga bisa merasa lebih tenang. Bahkan, terlihat beberapa petugas ikut menemani anak-anak bermain sambil orang tuanya mengurus pajak kendaraan.

Paur Samsat Surabaya Utara menyampaikan bahwa peningkatan fasilitas dan pelayanan ini akan terus berlanjut sesuai arahan Ditlantas Polda Jatim.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. Dengan suasana yang nyaman dan ramah, diharapkan kesadaran masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan semakin meningkat,” ujarnya.

Langkah inovatif ini menjadi bukti bahwa Polantas tak hanya hadir sebagai penegak aturan, tetapi juga sebagai sahabat masyarakat dalam memberikan pelayanan yang cepat, humanis, dan berkesan.(vin)