JAKARTA | lampumerah.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) memperkuat sinergi dalam operasional logistik di pelabuhan-pelabuhan vital nasional, guna memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan produk bahan bangunan berkualitas di seluruh penjuru tanah air.
Melalui rilis yang diterima redaksi,
Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri mengatakan sinergi antara SIG dan Pelindo merupakan kerja-sama strategis antar-BUMN untuk menjamin kelancaran pasokan dan ketersediaan produk bahan bangunan di pasar nasional.
Sinergi ini sejalan dengan inisiatif SIG, untuk mencapai peningkatan operational excellence melalui operasional rantai pasok yang efektif dan efisien.
”Sinergi BUMN ini diharapkan dapat menciptakan nilai tambah bagi kedua perusahaan, dan memaksimalkan kontribusi terhadap negara. Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur dan perumahan bagi masyarakat,” kata Yosviandri usai menerima penghargaan Kategori Cargo Owner – General Cargo dalam ajang “Customer Awards 2024 ” yang diselenggarakan Pelindo di Hotel Anvaya, Bali, Kamis (3/10) lalu.
Yosviandri menambahkan, relasi antara SIG dengan Pelindo telah terjalin sejak lama, termasuk di antaranya melalui perjanjian induk kerja sama dalam sinergi operasional dan pengembangan usaha yang ditandatangani kedua pihak pada September 2022 lalu, atau setahun setelah merger Pelindo.
Sebagai realisasi perjanjian tersebut, SIG dan Pelindo telah menjalin kerja sama di beberapa bidang di antaranya sewa lahan, jasa bongkar muat baik inbound (masuknya barang ke dalam pelabuhan) maupun outbound (pergerakan barang ke luar pelabuhan), hingga kerja sama dalam pengoperasian Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) milik SIG di Gresik.
“Semoga sinergi SIG dan Pelindo semakin baik dan solid, sehingga membuka peluang kerja sama di bidang lainnya yang saling menguntungkan dan memberikan manfaat optimal bagi kedua perusahaan,” ujar Yosviandri.
Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada loyal customer yang telah berkontribusi positif dalam menyumbang pertumbuhan Pelindo.
“Saya berharap semoga hubungan Pelindo dengan para pelanggan semakin erat, semakin solid, dan bisa tumbuh bersama,” kata Arif Suhartono.
Customer Awards 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada para pengguna jasa, atau mitra kerja terpilih sepanjang tiga tahun merger. Sebanyak 11 penghargaan diberikan kepada mitra kerja Pelindo, yang telah memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan bisnis perusahaan. (san)